Sunday, August 12, 2012

10 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia


Tahun 2011 ini, Forbes kembali merilis 100 perempuan berpengaruh di dunia. Para perempuan ini berasal dari berbagai bidang mulai dari pemimpin negara hingga mereka yang berada dalam bisnis. Tak hanya berasal dari berbagai bidang, mereka juga berasal dari berbagai negara. Berikut 10 wanita paling berpengaruh di dunia:

1. Angela Merkel, 57 tahun, Jerman, Kanselir Jerman
Angela Merkel adalah kanselir Jerman saat ini. Sebagai ketua partai Uni Demokratik Kristen (CDU), ia juga memimpin koalisi di parlemen Jerman bersama partai politik kubunya yaitu Uni Sosial Kristen (CSU) dan Partai Demokrat Bebas (FDP), yang terbentuk setelah penyelenggaran Pemilu Federal 2009.

2. Hillary Clinton, 63, Amerika, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat


Sebelumnya, Hillary pernah menjadi Ibu Negara ketika suaminya, Bill Clinton, menjadi Presiden Amerika selama dua masa jabatan tahun 1993 hingga 2001. Hillary sendiri tadinya pernah bekerja sebagai pengacara. Sejak Januari 2009, Hillary diangkat menjadi Menteri Luar Negeri AS.

3. Dilma Rousseff, 63, Brazil, Presiden
Dilma Rousseff adalah seorang ekonom, politisi, dan sekarang menjabat sebagai Presiden Brazil. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi Brazil pada tahun 2003 hingga 2005. Sejak 1 Januari 2011, Dilma diangkat menjadi Presiden Brazil.

4. Indra Nooyi, 55, Amerikam Chief Executive, PepsiCo
Indra Krishnamurthi Nooyi merupakan Chairman dan Chief Eksekutif PepsiCo, perusahaan besar yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Wanita kelahiran India ini bergabung dengan PepsiCo tahun 1994 silam. Nooyi telah mengarahkan strategi global perusahaan selama lebih dari satu decade dan memimpin restrukturasi PepsiCo. Menurut BusinessWeek, sejak ia mulai menjadi CFO tahun 2000, pendapatan tahunan perusahaan meningkat sebanyak 72% dan keuntungan bersih mencapai lebih dari dua kali lipat
.
5. Sheryl Sandberg, 41, Amerika, COO Facebook

Sheryl Sandberg adalah Chief Operating Officer Facebook atau Pejabat Operasi Tertinggi. Sebelum di Facebook, Sheryl sempat bekerja sebagai Kepala Staf Departemen Keuangan Amerika Serikat dan Wakil Presiden Global Online Sales dan Operasi di Google.

6. Melinda Gates, 47, Amerika, cofounder, cochair bill&Melinda gates foundation
Melinda Gates yang merupakan istri dari Bill Gates, adalah seorang pengusaha dan philanthropist. Ia juga ikut bersama suaminya dalam mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang bertujuan untuk memberikan

7. Sonia Gandhi, 64, india, Presiden Kongres Nasional Indian
Wanita keturunan India yang lahir di Italia ini adalah seorang politikus. Tahun 2006, ia merupakan politisi paling populer di India. Sonia pernah menolak jabatan perdana menteri meskipun partainya memenangkan pemilu tahun 2004. Penolakan itu dipilihnya setelah muncul oposisi dari nasionalis Hindu yang menganggap dirinya bukan keturunan India asli.

8. Michelle Obama, 47. Amerika, Ibu negara

Naiknya Barrack Obama sebagai presiden Amerika Serikat, ikut melambungkan nama Michelle Obama. Michelle menjadi ibu negara, sejak suaminya, Barrack Obama menjadi presiden. Michelle mengawali karier sebagai pegawai di bidang pemasaran dan property intelektual pada firma hukum Sidley Austin. Setelah itu, Michelle tercatat sebagai asisten walikota Chicago, Richard M. Daley.

9. Christine Lagarde, 55 Prancis, Managing Director IMF

Christine Lagarde menjabat sebagai Direktur Dana IMF sejak Juli tahun ini. Tak hanya itu, ia juga menjabat sebagai Menteri Urusan Ekonomi, Keuangan, dan Perindustrian Prancis. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian dan Perikan serta Menteri Perdagangan. Lagarde adalah perempuan pertama yang pernah menjabat Menteri Urusan Ekonomi dalam kelompok ekonomi G8.

10.  Irene Rosenfeld, 58, Amerika, CEO Kraft Foods

Rosenfeld telah berkecimpung selama 25 tahun dalam industri makanan dan minuman. Sejak tahun 2006, dirinya terpilih untuk menjadi CEO Kraft Foods. Sebelumnya, dia juga pernah bekerja untuk PepsiCo. (MSU)

Sumber: therichest.org


No comments:

Post a Comment